Spread the love

Vitamin E adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak dan mempunyai efek antioksidan. Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin ini dengan konsumsi sayur-sayuran hijau seperti sawi, bayam, brokoli dan daun lobak, serta buah-buahan seperti tomat, alpukat, mangga, pepaya dan wortel. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga memiliki kandungan vitamin E, seperti kacang tanah, kacang almond dan kedelai.

Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan Tubuh dan Kulit

Apakah vitamin E memiliki manfaat untuk kecantikan tubuh dan kulit? Berikut ini beberapa manfaat vitamin E.

  • Memperbaiki Kulit

Ada beragam manfaat vitamin E untuk kulit, seperti meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mengurangi peradangan, hingga membantu pembentukan kolagen. Manfaat ini diperoleh sebab vitamin E nantinya diserap oleh lapisan epidermis kulit dan digunakan dalam memperbaiki kulit yang rusak.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa vitamin E bisa mengurangi peradangan (baik yang terjadi pada kulit atau di dalam tubuh), sehingga kulit menjadi sehat dan awet muda. Vitamin E yang memiliki sifat antioksidan juga bisa mempercepat proses regenerasi kulit, mencegah kerusakan kulit, serta melindungi dari risiko kanker kulit.

  • Menebalkan Rambut

Vitamin E yang memiliki sifat antioksidan bisa memperlancar sirkulasi darah ke seluruh bagian di kepala sampai kulit kepala. Oleh karena itu vitamin E bisa menstimulasi pertumbuhan rambut, mencegah rambut rontok dan memperbaiki struktur rambut. Tak hanya itu, vitamin E juga bisa memperbaiki jaringan rambut, rambut pun tampak lebih sehat dan lebih berkilau.

  • Menyeimbangkan Hormon

Hormon yang tidak seimbang tak jarang berpengaruh pada kondisi fisik dan psikis seseorang. Contoh saat terjadi sindrom PMS, beberapa wanita merasakan kram perut, nyeri pada payudara, sampai perubahan mood. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi makan dengan kandungan vitamin E seperti buah dan sayur. Hal ini karena vitamin E dianggap mampu menjaga keseimbangan sistem saraf dan endokrin untuk menyeimbangkan sistem hormon di dalam tubuh.

  • Meningkatkan Ketahanan Fisik

Vitamin E juga bisa digunakan untuk meningkatkan ketahanan fisik. Hal ini dikarenakan vitamin E bisa meningkatkan energi dan mengurangi stres pada otot sesudah berolahraga. Vitamin E juga bisa meningkatkan sirkulasi darah, menguatkan dinding kapiler darah, serta menyehatkan sel-sel otot, hingga mampu menjaga kekuatan otot.

Makanan yang Kaya akan Kandungan Vitamin E

Beberapa makanan yang kaya akan kandungan vitamin E ini sebaiknya tak Anda lewatkan. Berikut beberapa diantaranya.

  • Kacang

Kacang merupakan camilan yang sudah lama populer. Apakah Anda mengetahui bahwa setidaknya ada 4,93 mg vitamin E di setiap 100 gram kacang panggang kering. Pastikan Anda membeli kacang tanah yang dipanggang kering dibandingkan memilih kacang dengan perasa tambahan dan garam.

  • Almond

Setidaknya ada 25,63 mg vitamin E di setiap 100 gram almond. Anda bisa mengonsumsi almond panggang, menambahkannya pada sereal sebagai topping atau mencampurkannya pada makanan yang dipanggang. Anda juga bisa meminum susu almond untuk memperoleh vitamin E alami.

  • Biji Bunga Matahari

Anda dapat menaburkan biji bunga matahari pada oatmeal, yogurt ataupun salad. Satu porsi (100 gram) biji bunga matahari mengandung 35,17 mg vitamin E. Biji bunga matahari memiliki banyak nutrisi dan bisa membantu Anda mendapatkan cukup serat untuk kesehatan sistem pencernaan.

  • Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan gula sangat sedikit dan banyak nutrisi. Setidaknya ada 2,07 miligram vitamin E di setiap 100 gram buah alpukat. Alpukat juga memiliki kandungan 10 mg vitamin C yang menjadi tambahan nutrisi menyehatkan.

  • Minyak

Beberapa jenis minyak memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi. Selain kalori dan lemak, sebagian minyak memiliki kandungan nutrisi lainnya. Contohnya minyak dedak beras, minyak biji anggur, minyak biji gandum dan minyak sunflower yang mengandung vitamin bermanfaat bagi tubuh.

  • Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran dengan warna hijau tua. Satu porsi atau sekitar 100 gram bayam mentah memiliki kandungan 2,03 mg vitamin E. Jenis sayuran lain yang juga bisa Anda konsumsi adalah kubis, brokoli atau sawi.

  • Swiss Chard

Sayuran dengan daun berwarna hijau tua ini memiliki kandungan 1,89 mg vitamin E di setiap porsi atau sekitar 100 gram. Seperti halnya sayuran hijau yang lainnya, lobak swiss ini memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin C, magnesium dan zat besi.

  • Labu Butternut

Butternut squash merupakan sayuran lezat yang kerap dihidangkan pada musim gugur dan dingin di sejumlah negara. Ada 1,29 mg vitamin E di setiap 100 gram labu butternut panggang.

  • Sayur Bit

Walaupun banyak orang akrab dengan rasa bit, namun tak semua mengetahui bahwa daunnya pun dapat dimakan. Anda dapat menggunakan sayur bit pada salad atau dengan menumisnya menggunakan minyak. Setiap 100 gram sayur bit matang setidaknya ada 1,81 mg vitamin E.

Author